CARA PENGENDALIAN HAMA SUNDEP / BELUK ( PENGGEREK BATANG PADI )

APA ITU HAMA PENGGEREK BATANG PADI


Hama Penggerek Batang Padi atau yang biasa disebut Sudep / Beluk merupakan hama utama pada tanaman padi, baik pada musim tanam ke - 1 (rendeng) terlebih saat musim tanam ke - 2 (gadu). Hama ini merupakan salah satu hama utama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kehilangan hasil yang cukup tinggi.

Serangan Hama Penggerek Batang ini di areal pertanaman padi sangat mudah diketahui dengan tanda mati/keringnya daun padi atau munculnya malai mati berwarna putih yang bila ditarik akan mudah terlepas. Hal ini terjadi karena larva masuk kedalam jaringan sistem pembuluh tanam/titik tumbuh tanam.

Di lapangan petani biasa menyebut serangan Hama Penggerek Batang ini dengan sebutan Sundep untuk serangan pada masa vegetatif dan Beluk pada saat malai muncul.

Kemunculan atau tanda awal adanya Sundep bisa dilihat dari adanya ngengat Penggerek di tanaman padi. Ngengat Penggerek biasa disebut Klaper oleh para petani. Ngengat akan menempatkan telur di permukaan daun padi dan bila menetas si larva akan masuk kedalam jaringan tumbuh tanaman yang akan memakan jaringan batang sehingga membuat batang padi mengering dan mati.

JENIS PENGGEREK BATANG PADI DI INDONESIA

Hama Penggerek Batang Padi yang ditemukan di Indonesia terdiri dari 6 jenis, namun hanya 4 yang menjadi hama utama tanaman padi yaitu :

1. Penggerek Batang Padi Kuning ( Schirpophaga incertulas )
2. Penggerek Batang Padi Putih ( Schirpophaga innotata )
3. Penggerek Batang Padi Bergaris ( Chilo suppressalis )
5. Penggerek Batang Padi Merah Jambu ( Sesamia inferens )



KAPAN FASE RAWAN SERANGAN PENGGEREK BATANG PADI

Seperti telah disebutkan diatas bahwa serangan Hama Penggerek Batang terjadi pada setiap fase tanaman padi. Serangan yang cukup dikhawatirkan adalah fase pembentukan malai ( generatif ) karena tidak ada lagi pembentukan anakan baru seperti pada fase anakan (vegetatif ).

BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PENGENDALIAN HAMA PENGGEREK BATANG PADI

Pengendalia hama penggerak batang yang paling tepat mulai dari persemaian hingga fase vegetatif dengan pengamatan rutin. Pengendalian Hama Penggerak Batang ( Sundep / Beluk ) yang dilakukan setelah terjadi serangan pada ada fase bunting/generatif tidak efektif atau dapat dikatakan terlambat.

Pengendalian di daerah endemik serangan Hama Penggerek Batang Padi

1. Pengendalian dengan melakukan pengaturan pola tanam
  • Lakukan penanaman serempak pada seluruh areal/hamparan persawahan
  • Gilir pertanaman padi dengan palawiji untuk memutus siklus hidup Hama penggerek Batang Padi
  • Lakukan pertanaman setelah lewat populasi jumlah ngengat yang terlihat di tunggul padi, untuk langkah ini perlu dilakukan pengamatan.
2. Pengedalian secara mekanik
  • Pengumpulan kelompok telur Penggerek Batang Padi pada saat masih di areal persemaian padi
  • Menangkap ngengat Penggerek dengan lampu perangkap
  • Saat panen, usahakan memotong batang padi hingga pangkal batang dan kemudian dilakukan perendaman areal sawah setelahnya dengan ketinggian 10 cm
3. Pengendalian secara hayati
  • Penggunaan musuh alami / Parasitoid dari Hama Penggerek Batang Padi Trichograma japonicum. ( Silahkan dikonsultasikan dengan petugas pertanian PPL, POPT setempat)
4. Pengendalian secara kimiawi
  • Ini merupakan langkah terakhir bila terpaksa harus dilakukan guna mencegah kerusakan yang ditimbulkan akibat serangan Hama Penggerek Batang Padi tidak meluas, dengan langkah-langkah :
  • Lakukan pengamatan pada lampu perangkap, bila ditemukan 1 ngengat Penggerak Batang lakukan aplikasi insektisida pada hari ke 4 setalah ditemukan ngengat.
  • Bila tidak memiliki lampu perangkap, lakukan pengamatan dengan mengambil kelompok telur penggerek batang yang ada di lahan sawah, masukan kedalam botol plastik. Amati perkembangan telur tersebut, bila kelompok telur penggerek pada botol plastik mulai menetas, bisa menjadi patokan bahwa kelompok-kelompok telur yang lain ada di lahan sawah juga mulai menetas.
  • Gunakan insektisida butiran ( granular ) pada persemaian jika disekitar areal persemaian ada padi yang menjelang atau siap di panen 1 hari sebelum bibit dicabut ( tanam pindah )
  • Aplikasi Insektisida butiran dapat juga dilakukan pada fase vegetatif dengan dosis 20 kg/ha dengan bahan aktif karbofuran
  • Aplikasi Insektisida cair dilakukan pada fase generatif dengan bahan aktif Dimehipo, Klorantraniliprol, Spinetoram.
  • Perhatikan cara pengaplikasi insektisida yang baik agar hasil yang diperoleh maksimal, seperti pengeringan lahan sebelum di semprot, dilakukan saat embun telah hilang dari tanam, lakukan saat sore hari atau angin tidak berhembus kencang dan tepat dosis berkisar 350 - 500 liter air /ha.
Pengendalian pada areal sporadik ( dadakan )
Pada wilayah/ areal pertanaman yang terjadi serangan sporadik, dapat dilakukan dengan melakukan pengendalian dengan insektisida berbahan aktif anjuran seperti yang telah disebutkan diatas sesuai dengan kondisi setempat dengan memperhatikan adanya ngengat pada lampu perangkap atau pertanaman dan aplikasi insektisida dilakukan 4 hari setelah ditemukan ngengat.

Demikan sedikit informasi mengenai Cara Pengendalian Hama Penggerek Batang, semoga sedikit informasi ini bermanfaat bagi pelaku ataupun petugas pertanian di Indonesia. Maju terus pertanian Indonesia.

Sumber : BPTP


4 Responses to "CARA PENGENDALIAN HAMA SUNDEP / BELUK ( PENGGEREK BATANG PADI )"

  1. Balasan
    1. Gunakan pestisida berbahan aktif dimehipo, tiametoksam, klorantraniliprol bila diperlukan

      Hapus
  2. Cara mengatasi penggerek batang dengan non kimia bagaimana caranya....??

    BalasHapus
  3. Penanggulangan secara non kimia dapat dilakukan dengan pengendalian kelompok telur penggerek batang sedari persemaian, penanaman bunga-bungaan berwaran warni untuk mengundang musuh alami dari jenis parasitoid bisa dilakukan

    BalasHapus

Artikel Populer