MANFAAT DAN CARA APLIKASI AGENSIA HAYATI CORYNEBACTERIUM

Manfaat Corynebacterium

Corynebacterium merupakan salah satu agensia hayati yang digunakan untuk membantu mencegah dan mengobati penyakit pada tanaman secara cara alami. Corynebacterium bersifat antagonis yang menghasilan antibiotik dan siderofor yang berfungsi sebagai pesaing/kompetitor unsur hara serta penghambat perkembangan bagi patogen penyebab penyakit tanaman.

Corynebacterium dikembangkan oleh tim pada Balai Besar Peramalan Organisme Penganggu Tumbuhan, Jatisari, Karawang di tahun 1996. Pada tahun tersebut belum ditemukan pengendali penyakit yang ramah lingkungan, sehingga Corynebacterium dikembangkan dengan mengeskplorasi tanaman sehat yang berada di sekitar tanam sakit.

Setelah kita mengetahui bagaimana proses diperolehnya starter Corynebacterium, saatnya kita ketahui manfaat apa saja yang bisa dilakukan oleh si agen antagonis ini, yaitu :
  1. Mencegah dan mengobati penyakit Hawar Daun Bakteri (Kresek), Bakteri Daun Bergaris, Bacterial Red Stripe (BRS), Blas dan Cercospora pada tanaman padi.
  2. Mencegah dan mengobati penyakit layu (Fusarium) pada tanaman tomat dan cabai.
  3. Mencegah dan mengobati penyakit Agar Gada (Plasmodiophora brassicae) pada tanaman kubis.

Baca Juga : Teknik Perbanyakan Agensia Hayati Corynebacterium

Cara Aplikasi Corynebacterium
Ada pun cara aplikasi dari agensi hayati Corynebacterium adalah :
  1. Untuk perendaman benih dengan dosis 5 - 10 cc/liter air, dengan cara benih direndam selama ± 15 menit.
  2. Aplikasi kepertanaman pada umur 14, 28, 40, 60 dan 70 hari setelah tanam
  3. Usahakan penyemprotan dilakukan pada sore hari, mulai pukul 4 sore, dikarenakan untuk meminimalisir kersakan pada bakteri.
  4. Jangan di campur dengan bahan/pestisida kimia saat melakukan penyemprotan.
Demikian sedikit informasi tentang manfaat dan cara aplikasi Corynebacterium, untuk informasi lebih lanjut tanyakan kepad petugas pertanian setempat. 

0 Response to "MANFAAT DAN CARA APLIKASI AGENSIA HAYATI CORYNEBACTERIUM"

Posting Komentar

Artikel Populer